COMPANY PROFILE
A. SEJARAH
SINGKAT PERUSAHAAN
PT. Astra International. Tbk (Perseroan) didirikan pada
tahun 1957 di Bandung dan dikelola serta dipimpin oleh William Soeryadjaja,
Tjien Kian Tie dan Liem peng Hong. Pada tahun 1965 PT. Astra International
memusatkan kantor pusatnya di Jakarta, dan kantor Bandung dijadikan sebagai
cabang pertama . dengan nama PT. Astra Incorporated. Perseroan
berdomisili di jakarta, Indonesia, dengan kantor pusat di jl. Gaya
Motor Raya No.8, Sunter II, Jakarta. PT.Astra International resmi
berdiri secara hukum dan disahkan di hadapan Notaris Sie kwan Djioe
dengan akte notaris No.67 tanggal 20 februari1957 di Jakarta, dan dalam
keputusan menteri kesehatan RI No.J.A/53/5 tanggal 1 juli 1957 dan terdaftar di
paniteran pengadilan negeri di Jakarta serta di umumkan dalam tambahan no.01117
berita Negara RI No.85 tanggal 22 oktober 1957.
Perusahaan ini awalnya bergerak dibidang usaha permobilan,
yaitu Toyota, Daihatsu, Isuzu, Nissan Truck, dan pada bidang lainnya seperti :
1.
PT.Federal
, bergerak di bidang pemasaran sepeda motor Honda dan sepeda Federal .
2.
United
Traktor, bergerak di bidang usaha mesin berat pertanian seperti ; Traktor,
Messey Ferguson, Sumitomo, Link Belt dan lain-lain.
3.
Bidang
usaha perkantoran dan perdagangan mesin Foto Copy Xerox, minyak pelumnas dan
specialis Caltex.
4.
Astra
Argo bergerak dibidang usaha pertanian, perkebunan dan perkayuan.
Pada tahun 1969 mulai mengalihkan usaha impor alat-alat
berat dan barang-barang teknik. Makin luasnya usaha tersebut dikarenakan
PT.astra makin memperoleh kepercayaan dari para investor luar negeri untuk
memasarkan produk-prodyk otomotif. Pada tahun 1990, Perusahaan mengubah
namanya menjadi PT. Astra International Tbk. Sesuai dengan pasal 3
Anggaran dasar perseroan, Ruang lingkup perseroan adalah Perdagangan
umum, perindustrian, jasa pertambangan, pengangkutan, pertanian,
pembangunan dan jasa konsultasi. Ruang lingkup kegiatan utama anak
perusahaan meliputi perakitan dan penyaluran mobil , sepeda motor berikut
suku cadangnya, penjualan dan penyewaan alat-alat berat , pertambangan
dan jasa terkait, pengebangan dan jasa terkait pengembangan perkebunan.
PT. Astra Intenational Tbk atau lebih dikenal dengan Astra Group ini telah
tercatat di Bursa Efek Jakarta sejak tanggal 4 April 1990. Saat ini mayoritas
Kepemilikan sahamnya dimiliki oleh Jardine Cycle dan Carriage, Singapura.
PT.Astra International Tbk merupakan suatu badan usaha
swasta yang juga merupakan perusahaan public,yang kini memiliki enam
divisi,yaitu:
·
1.Vehicle
Division
·
2.Heavy
Equipment Division
·
3.Property
Division
·
4.Resources
Division
·
6.Finance
division dan System Division.
Divisi-divisi yang memasarkan produk astra kemudian satu
persatu memisahkan diri dan berkembang dan juga memiliki cabang di daerah.
Salah satu devisi tersebut ialah PT Astra Internasional Tbk Isuzu
Asal Mula dari Diesel Isuzu Sementara mesin diesel pertama
di Jepang dikembangkan oleh Angkatan Laut pada tahun 1907, model ini tidak
untuk penggunaan sehari-hari atau industri tetapi untuk digunakan penelitian.
Namun, banyak perusahaan swasta terus berusaha membuat mesin diesel untuk
berbagai industri termasuk industri otomotif.
Automobile Industries Co, Ltd, sebuah pendahulunya Isuzu,
membentuk komite penelitian diesel pada tahun 1934, sebagai bagian dari
kebijakan operasional dari Presiden Tomonosuke Kano. Hanya dua tahun kemudian
pada tahun 1936, perusahaan itu memproduksi mesin diesel Jepang pertama
berpendingin udara, yang menandai sebuah terobosan baru dalam sejarah
pengembangan mesin diesel.
Model Mesin ini melampaui kompetitornya ketika kendaraan
digunakan, baik untuk penggunaan sipil dan militer yang dilengkapi dengan hal
itu segera. Automobile Industries digabungkan dengan dua perusahaan lain
menjadi Tokyo Automobile Industries Co, Ltd pada tahun 1937.
Pada tahun 1941 pemerintah Jepang menunjuk Tokyo Automobile
Industries sebagai satu-satunya perusahaan yang diizinkan untuk memproduksi
kendaraan bertenaga diesel. Dengan demikian, perusahaan, yang berganti nama
Isuzu Motors Limited pada tahun 1949, telah membentuk pijakan yang kuat dalam
industri untuk memimpin teknologi mesin diesel.
Sejarah Tentang Perusahaan ISUZU di
Era pascaperang
Menanggapi permintaan yang berkembang pesat setelah Perang
Dunia II untuk memulihkan produksi kendaraan, Isuzu Motors mengembangkan DA80
diesel-Japan's first V8 engine-in 1950.
Selain itu, Isuzu mengembangkanpre-combustion chamber, yang
telah ditingkatkan melalui masa perang ke era pasca perang sebagai industri
standar ruang bakar indirect-injection. Isuzu juga mengembangkan sebuah
konfigurasi lanjutan pembakaran direct injection.
Model ini menarik perhatian industri untuk peforma
tingginya.
Sejarah Tentang Perusahaan ISUZU di
Tahun1955-1964
Jepang masih mengalami kekurangan bahan bakar di awal dekade
ini. Namun, peluncuran truk Isuzu tipe bonnet pada tahun 1959 menyebabkan
meledaknya penjualan. Dengan bahan bakar yang ekonomis sangat baik dari diesel
DA640, ia menyumbah performa tangguh di jalan bergelombang dan memiliki daya
tahan ekstra bahkan jika truk itu beratnya over-load.
Isuzu mengembangkan mesin diesel pertama di Jepang untuk
mobil penumpang di 1961 dengan Model DL201 di tahun itu memperoleh
Technological Award oleh Japan Society of Mechanical Engineers.
Model DL200, yang dipasang pada tahun 1964 di Elf, pertama
cab-over light-duty truck jepang, telah memperoleh popularitas besar di pasaran
berkat keunggulan dalam hal ekonomis dan daya tahan.
Sejarah Tentang Perusahaan ISUZU di
Tahun 965-1974
Jepang memasuki usia transportasi berkecepatan tinggi di
dekade ini dengan meningkatkan infrastruktur transportasi, didukung oleh
perekonomian yang tumbuh pesat. Di paruh kedua periode, krisis dolar AS pada
tahun 1971 dan krisis minyak pertama pada tahun 1973 memaksa mobil untuk
memperhatikan kendaraan hemat energi, bersaing satu sama lain dalam
mengembangkan mesin turbo-charged dan mesin Intercooler. Polusi udara dan
kebisingan juga menjadi isu penting untuk industri otomotif pada saat itu.
Untuk mengatasi tren tersebut, Isuzu menerapkan pengembangan
baru pada tahun 1973 dengan emisi rendah, ringan dan output tinggi Model PA
dalam lineup V Series ke truk muatan sepuluh ton dan traktor.
Sejarah Tentang Perusahaan ISUZU di
Tahun 1975-1984
Krisis minyak kedua pada tahun 1979 mengakibatkan implementasi
lebih lanjut dari langkah-langkah hemat energi di kalangan industri di Jepang.
Ini membantu pemulihan perekonomian lamban Jepang pada saat itu. Industri
otomotif melihat kebutuhan pelanggan yang meningkat 'untuk fitur kendaraan,
selain meningkatkan keamanan, polusi rendah, output tinggi dan ekonomi bahan
bakar yang baik.
Menanggapi kebutuhan ini, Isuzu melakukan put on sale pada
tahun 1981 truk sepuluh ton payload dilengkapi dengan torsi tinggi,
turbo-charged 8PB1-T dan 6RA1-T mesin hemat bahan bakar. Pada tahun 1983,
perusahaan tersebut merilis heavy-duty truk seri baru di Jepang, disebut
sebagai 810 Series, setelah melakukan perubahan skala penuh pertama dalam 15
tahun. Peningkatan fitur seri tebaru termasuk pengenalan mesin diesel canggih
seperti model turbo-charged 6RA1-TC dikontrol secara elektronik, yang
memasukkan desain Intercooler, dan V-tipe mesin PC Series, yang menyumbar
peningkatan akselerasi.
Dalam mesin diesel kecil, Isuzu mendorong penggunaan mesin
diesel hemat bahan bakar di mobil penumpang melalui rilis diesel Florian dan
Gemini pada tahun 1977 dan 1979.
Isuzu memimpin industri di bidang mesin diesel direct
injection untuk truk ringan. Pada tahun 1981, perusahaan memperkenalkan desain
direct injection, yang memiliki dua keunggulan utama yaitu output tinggi dan
konsumsi bahan bakar rendah, untuk semua mesin diesel dipasang pada truk muatan
dua ton. Di samping, itu Isuzu yang berkembang skala penuh pertama di dunia
dengan pengontrolan diesel secara elektronik untuk kedua truk ringan dan tugas
berat.
Isuzu juga memimpin industri dalam mengembangkan ceramics
untuk mesin diesel. Isuzu mengembangkan Ultra Quick on Start (QOS) sistem pada
tahun 1981, yang menghilangkan pemanasan selama waktu start-up untuk pertama
kalinya di dunia. Sistem, yang memasukkan sebuah glow plug ceramic baru
dikembangkan dengan daya tahan panas tinggi dan kontrol elektronik, menjadi
sangat diperlukan untuk mesin diesel, terutama di mobil penumpang.
B. VISI DAN MISI PERUSAHAAN
B. VISI DAN MISI PERUSAHAAN
Visi Perusahaan
1. Menjadi distributor dan retailer
terdepan dalam bisnis LCV Isuzu Indonesia
2. Menjadi dealer utama dalam bisnis
LCV Isuzu di Indonesia
3. Menjadi salah satu perusahaan yang
terbaik dengan penekanan pada pertumbuhan yang berkesinambungan, pengembangan
kompetensi karyawan, efisiensi, tanggung jawab sosial dan ramah lingkungan.
Misi Perusahaan
Melayani
masyarakat Indonesia dengan menyediakan kendaraan isuzu dan produk-produk
terkait, layanan purna jual serta menciptakan isuzu kesejahteraan stakeholder
melalui :
1. Karyawan yang memiliki kompetensi
dan produktifitas yang tinggi.
2. Proses bisnis yang kuat dan efisien.
3. Budaya yang berpusat pada pelanggan.
4. Etika bisnis yang baik.
5. Ramah lingkungan dan hubungan
industrial yang sehat.
C. Struktur Organisasi Perusahaan
Gambar struktur organisasi pada bagian
departemen service
D. Data Karyawan pada bagian
departemen service
Workshop
Head : Nur Samsul
Service
Advisor :
Samsumardi
Satya Triadi
Wordshop
Supervisor : Rival
Group
Leader :
Samansa
Arwin
Mechanic : Agus
Salim
Rizky Nugraha
Maruf Fatullah
Amaluddin
Suryono
Agung Subekti
Eko Kuncoro
Mappiasse
ADM
Service :
Muh. Irfan
Billing
:
Jimmy Reppy
Chasier :
Nurlaila
Part
Cord :
Muh. Irsan
Part
Man :
Arfa
Part
Counter :
Eko Yulianto
Tidak ada komentar:
Posting Komentar